>

Kamis, 26 Oktober 2017

validasi html eror

sebelumnya template ini 177 errors dan 150 warnings, dan setelah saya coba cara ini menjadi 21 errors dan 2 warnings. Kemudian saya mencari-cari trik lain dan akhirnya template menjadi hanya 1 error dan 1 warning. Maaf cara yang ini tidak akan saya berikan, perlu beberapa waktu bagi saya untuk mengetahui keaslian triknnya, karena trik ini saya coba di blog lain blognya semakin tidak valid.

Sebelum melakukan cara ini, ada baiknya anda cek dulu valid XHTML blog anda di http://validator.w3.org dulu agar mengetahui perubahan setelah melakukan cara ini. Jika sudah, ingat-ingat dulu hasilnya. Kemudian ikuti prosedur-prosedur di bawah ini.

1) Pertama-tama login dulu ke akun blogger anda >> klik template >> edit HTML 
2) Cari kode seperti dibawah ini, biasanya ada diatas. Kode dibawah ini berbeda di setiap template, jadi jangan samakan dengan yang ini.
 
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
<html expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>

  <head>

Ganti yg berwarna biru dengan dibawah ini :


<!DOCTYPE html>


<HTML>
<head>
<meta charset='utf-8'/>


3) cari lagi kode <body> dan pastekan kode dibawah tepat diatas kode <body> 
<!-- <body><div></div> --> 

4) kemudian cari kode : </html> (agar lebih mudah tekan CTRL+F)
    ganti kode </html> dengan : </HTML>
 
5) cari <b:include name='quickedit'/> dan hapus semua kode tersebut, biasanya kode ini banyak pada template, tergantung jumlah widget pada blog anda.

6) cari kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/> , kemudian hapus kode tersebut

7) ganti kode <b:include name='nextprev'/> dengan kode dibawah ini :

<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<!-- navigation -->
<b:include name='nextprev'/>
</b:if>


8) jika template blog anda bukan dari template yang berasal dari blogger.com , cari tanda --------- 

contoh pada template saya : 

/*--- Maruf-blog --*/

hapus semua tanda ----- sehingga menjadi seperti dibawah ini :

/*Maruf-blog*/

9) cari kode onClick , kemudian ganti dengan onclick. Kode ini biasanya tidak ada pada template tertentu, lakukan cara ini jika ada kodenya saja.

10) Validkan widget followers. Atau jika tidak, tampilkan widget follower pada halaman tertentu saja, bisa anda baca menampilkan widget pada halaman tertentu.

jika semuanya sudah selesai, silahkan cek di http://validator.w3.org/ apakah sudah berkurang error dan warning pada template blog anda.

Itulah sedikit trik dari saya untuk membuat template lebih valid, google sekarang sudah dapat mengindeks blog anda dengan baik. Terima kasih sudah singgah dan membaca cara membuat template blog lebih valid XHTML.

Sumber: http://kesiangansekolah.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar